Tugas Softskill Bahasa Indonesia // Mahendra Satyatama // 3KB04 // 24112384

1) Bahasa adalah sistem. Maksudnya bahasa itu tunduk kepada kaidah-kaidah tertentu baik fonetik, fonemik, dan gramatik. Dengan kata lain bahasa itu tidak bebas tetapi terikat kepada kaidah-kaidah tertentu

Bahasa merupakan alat komunikasi sosial yang berupa sistem simbol bunyiyang dihasilkan dari ucapan manusia.  Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan sarana untuk berinteraksi dengan manusia lainnya di masyarakat.  Untuk kepentingan interaksi sosial itu, maka dibutuhkan suatu wahana komunikasi yang disebut bahasa. Setiap masyrakat tentunya memiliki bahasa.
saya sangat setuju dengan “ bahasa dapat mempengaruhi perilaku manusia”,yang dikarenakan bahasa keluar bukan dari mulut melainkan dari hati.karena yang keluar dari mulut adalah perkataan,sedangkan bahasa harus terlebih dahulu di olah dari pikiran dan hati dan barulah dikeluarkan dari mulut yang biasa kita sebut dengan perkataan.sebagai contoh,orang yang sedang terburu-buru pastilah tidak fokus.dan tidak fokus ini di pengaruhi oleh pikiran (nalar) dan keadaan hati yang tidak searah,dan oleh karena itu,orang yang ber-prilaku  sedang tidak fokus/terburu-buru pastilah akan menggunakan bahasa yang kurang jelas,ter bata-bata dsb.sedangkan orang yang emosional,pastilah akan menggunakan kata-kata yang kasar,yang di karenakan pikiran dan hati dari orang tersebut tidak dapat meng-kontrol lagi atau lepas kendali.

2) Laras bahasa (bahasa Inggris: register) adalah ragam bahasa yang digunakan untuk suatu tujuan atau pada konteks sosial tertentu. Banyak sekali laras bahasa yang dapat diidentifikasi tanpa batasan yang jelas di antara mereka. Definisi dan kategorisasi laras bahasa pun berbeda antara para ahli linguistik. Salah satu model pembagian laras bahasa yang paling terkemuka diajukan oleh Joos (1961) yang membagi lima laras bahasa menurut derajat keformalannya, yaitu (1) beku (frozen), (2) resmi (formal), (3) konsultatif (consultative), (4) santai (casual), dan (5) akrab (intimate).

Contoh ragam dan laras dalam kehidupan sehari-hari adalah seperti,saat kita sedang berbicara dengan teman sekelas.sudah pasti laras bahasa yang kita gunakan adalah laras santai,dan berbeda dengan saat kita sedang berbicara dengan teman-teman tetapi dalam konteks forum sudah pasti kita akan menggunakan laras resmi(formal).lalu ada lagi laras yang jangan kita anggap sepele atau kita samakan dengan laras resmi,yaitu laras beku.laras beku ini harus benar-benar khusuk dan tidak boleh melanggar kaidah atau pakemnya masing-masing,contohnya laras beku ini akan dipakai di acara ke agamaan saat pembacaan kitab,pembacaan putusan di persidangan dsb.

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply