Pentingnya Membangun Aturan yang Bijak

     Manusia tidak terlepas dari suatu hal yang pasti dan tidak pasti, bahkan diantara keduanya. Manusia dalam hidupnya memiliki dua sifat dasar, ingin mengatur dan ingin diatur. Meskipun dalam kehidupan sehari-hari banyak diantara mereka  tidak mau diatur bahkan oleh dirinya sendiri.


     Setiap aturan yang tercipta, memiliki jangkauannya tersendiri, misal aturan bagi Mahasiswa Gunadarma tentunya berlaku kepada siapapun selama dia menyandang predikat Mahasiswa Gunadarma. Bagi siapa saja yang melanggar akan dikenakan sanksi.

     Sanksi bisa bermacam rupa, tergantung kemauan si pembuat aturan yang telah disepakati atau tidak dengan mereka yang diatur, aturan yang tidak tersepakati seperti hukum di negara ini, semua harus tunduk dan mau diatur walau tidak semua meyepakati termasuk warga asing.

     Menciptakan sebuah aturan sama saja dengan membangun tanggul pemecah ombak di lepas pantai. Tanggul tersebut haruslah kuat melawan terpaan ombak agar daratan tidak ada yang terkikis. Menciptakan sebuah aturan haruslah beritikad baik, dapat dipertanggungjawabkan dan mengayomi, bukan serta-merta ada demi melindungi si pencipta aturan.

     Setiap aturan haruslah ditegakan dengan tegas, walau kenyataannya tidak semudah itu. Aturan yang tegas dapat berperan membatasi kebebasan agar tidak ada yang dirugikan, melindungi siapapun yang terancam oleh tindakan intimidasi melanggar aturan, dan aturan yang tegas mampu menciptakan ketidakinginan seseorang untuk melanggar aturan, tidak pandang orang itu siapa dan apa jabatannya.

     Aturan memang tidak semuanya bersifat tegas dan harus diberikan sanksi kepada mereka yang melanggar. Beberapa aturan haruslah juga berasas toleransi. Misalnya dalam aturan kenegaraan, siapapun pembunuh manusia tidak bersalah perlu dihukum berat dan itu tidak harus. Negara harus melihat kondisi si pelaku, toleransi aturan berlaku bila tersangka masih dibawah umur atau memiliki gangguan kejiwaan.

     Intinya aturan yang tegas tidak harus kuat, bijak dalam membuat aturan adalah hal yang membuat aturan itu tegas.

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply